Tuesday, July 4, 2017

Cagar Alam Gunung Krakatau

Salam hangat ..

Petualangan mengelilingi indonesia dan menikmati semua kearifan lokalnya memang tiada habisnya, langsung aja,. berikut petualangan saya ke Gunung Merapi paling aktif didunia ini Gunung Krakatau, sebelumnya saya akan menceritakan sedikit sejarah tentang Gunung krakatau ini
Anak Krakatau

Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra yang termasuk dalam kawasan cagar alam. Gunung Krakatau purba kira-kira 150 ribu tahun yang lalu meletus sangat dahsyat. Akibat ledakan yang hebat itu, tiga perempat tubuh Krakatau Purba hancur dan menyisakan kaldera berukuran diameter 11 km,tepi kawahnya dikenal sebagai Pulau Rakata, Pulau Rakata, kemudian tumbuh secara vulkanik menjadi Gunung Api Krakatau. Kemudian, dua gunung api muncul dari tengah kawah, bernama Gunung Danan dan Gunung Perbuatan yang kemudian menyatu dengan Gunung Rakata yang muncul terlebih dahulu menjadi Gunung Krakatau yang meletus dahsyat tahun 1883. Pada tahun 1927 atau kurang lebih 40 tahun setelah meletusnya Gunung Krakatau muncul sebuah pulau baru dari tengah kaldera yang dikenal sebagai Anak Krakatau.
Puncak Anak Krakatau

Anak krakatau mulai menjadi andalan bagi para wisatawan domestik maupun luar negeri, Anak krakatau mulai banyak dilirik karena lokasinya yang tidak begitu jauh dan menawarkan pemandangan yang tidak kalah menarik dibanding tempat wisata lain diindonesia. 

Menuju Anak Krakatau latar Gambar Gunung Sebesi

Banyak wisatawan yang ingin menjejakkan kakinya untuk melihat lebih dekat anak krakatau, dan mengenal serta menggali informasi dari badan vulkanologi setempat mengenai sejarah krakatau dan perkembangan anak krakatau. Just info aja gan, pasir dipinggir gunung tersebut coklat kemerah-merahan sangat cocok untuk pasir aquarium ikan, tapi karena disana salah satu taman nasional maka tidak bisa sembarangan mengambil apapun disekitar taman nasional krakatau.

wisatawan domestik termasuk saya
demikian perjalanan saya ke Cagar Alam Gunung Krakatau, jika memang ada saran dan kritik dari penulisan ini saya sangat berterimakasih sekali.. salam indonesiaku..

No comments:

Post a Comment