Monday, July 3, 2017

Wisata Sumatera Utara

Horass.. salam hangat

Sebelum Kita membahas lebih jauh tentang keindahan salah satu Propinsi dipulau Sumatera ini, ada baiknya kita mengetahui sedikit sejarah tentang Propinsi Sumatera Utara dari masa ke masa, Sumatera Utara merupakan suatu pemerintahan yang bernama Gouvernement van Sumatra dengan wilayah meliputi seluruh pulau Sumatera, dipimpin oleh seorang Gubernur yang berkedudukan di kota Medan. Setelah Masa kemerdekaan RI, Provinsi Sumatera kemudian dibagi menjadi tiga sub provinsi yaitu: Sumatera Utara, Sumatera Tengah, dan Sumatera Selatan. Provinsi Sumatera Utara sendiri merupakan penggabungan dari tiga daerah administratif yang disebut keresidenan yaitu: Keresidenan Aceh, Keresidenan Sumatera Timur, dan Keresidenan Tapanuli. Dengan diterbitkannya Undang-Undang Republik Indonesia (R.I.) No. 10 Tahun 1948 pada tanggal 15 April 1948, ditetapkan bahwa Sumatera dibagi menjadi tiga provinsi yang masing-masing berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri yaitu: Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Tengah, dan Provinsi Sumatera Selatan. Tanggal 15 April 1948 selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi Provinsi Sumatera Utara. Terdapat 419 pulau di propisi Sumatera Utara. Pulau-pulau terluar adalah pulau Simuk (kepulauan Nias), dan pulau Berhala di selat Sumatera (Malaka).  nah Agan2.. itulah sekilas tentang sejarah Propinsi Sumatera Utara.

nah.. mari kita bahas beberapa keindahan dari tempat wisata yang pernah saya kunjungi selama berpetualang di Propinsi Sumatera Utara ini,

1. Kota Medan

Medan adalah Ibukota Propinsi Sumatera Utara, Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, Kota medan adalah pusat perekonomian dan Bisnis diPulau sumatra, tentunya ini tidak terlepas dari perkembangan budaya dan kebiasaan masyarakat yang telah terkontaminasi dengan perkembangan kota yang modern, tapi bukan berarti kota medan melupakan ciri khas dan peninggalan budaya mereka, okeh gan.. mari kita telusuri peninggalan buadaya yang masih dijaga oleh pemerintah dan masyarakat dikota medan.


ISTANA MAIMUN
Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon kota Medan, Sumatera Utara, terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Dapat dilihat warna istana didominasi dengan warna kuning yang dibangun pada tanggal 25 Agustus 1888 Masehi,
bentuk Arsitektur bangunan merupakan perpaduan antara budaya Mongol, Timur Tengah, Spanyol, India, Belanda dan Melayu. Pengaruh arsitektur Belanda tampak pada bentuk pintu dan jendela yang lebar dan tinggi. Tapi, terdapat beberapa pintu yang menunjukkan pengaruh Spanyol. perpaduan itu membentuk istana yang sangat unik.
bagi agan-agan yang akan berkunjung juga dapat melihat koleksi yang dipajang di ruang pertemuan, seperti foto-foto keluarga sultan, perabot rumah tangga Belanda kuno, dan berbagai jenis senjata peniggalan kerajaan.


Masjid Raya Medan
Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al Mashun merupakan sebuah masjid yang terletak di Medan, Indonesia. Masjid dengan arsitektur mengadopsi gaya Timur Tengah, India, dan Eropa ini ini dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Pada awal pendiriannya, masjid ini menyatu dengan kompleks istana, ini merukapakan salah satu ikon dan peninggalan sejarah kejayaan kesultanan deli yang masih dijaga pemerintah dan penduduk setempat.

2. Kota binjai

Kota Binjai adalah salah satu kota dalam wilayah provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Binjai terletak 22 km di sebelah barat ibukota provinsi Sumatera Utara.
Kota Binjai
Binjai sejak dulu dijuluki sebagai kota rambutan karena rambutan Binjai memang sangat terkenal. Bibit rambutan asal Binjai ini telah tersebar dan dibudidayakan di berbagai tempat di Indonesia. jadi jika agan-agan ingin makan rambutan di medan singgahlah ke binjai.


3. Tanah Karo

Tanah Karo / Kabupaten Karo adalah salah satu Kabupaten di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. ibu kota kabupaten ini terletak di Kabanjahe. Salah satu Obyek wisata yang terkenal dari kabupaten ini adalah adalah Kota Berastagi, tempat pilihan untuk berlibur bagi masyarakat baik dari dalam negeri dan manca negara. dikarenakan keindahan dan pesona alamnya yang masih alami dan sejuk.


Pagoda Lumbini
Lumbini adalah tempat peribadatan umat Budha di Kabupaten Karo Sumatera Utara. Merupakan tempat peribadatan yang meniru pagoda yang diadopsi dari negara tetangga Thailand.


Bukit Gundaling
Bukit Gundaling adalah bukit yang cukup terkenal di Sumatera Utara dan juga amat banyak dikunjungi oleh wisatawan. Gundaling berasal dari singkatan Good Bye My Darling, menariknya Gundaling ini bercerita tentang sepasang kekasih yang tidak direstui. Di Bukit Gundaling terdapat berbagai kegiatan wisata yang lain diantaranya berkuda dan banyak juga penjual souvenir Khas yang menjajakan kesenian karo.


4. Danau Toba

Siapa yang tidak kenal dengan danau satu ini... baik dalam negeri maupun manca negara, Danau ini sudah memberikan kesan yang istimewa dengan kearifan lokalnya. danau yang terbentuk dari peristiwa vulkanik yang terjadi ribuan tahun ini saat ini memberikan panorama alam yang sangat menakjubkan. 

Selain jadi salah satu tempat pariwisata favorit warga sumatera utara, danau ini juga menjadi tempat mata pencaharian penduduk sekitarnya.


Danau Toba

Jika agan2 sempat berwisata didanau toba, saya sarankan mencoba memancing didanau ini.. dijamin sensasinya sangat unik, pasti agan2 bertanya kenapa?




karena mancing didanau toba ini memerlukan kesabaran tingkat tinggi, ikan-ikan didanau tersebut akan terlihat jelas karena kejernihan airnya dan yang buat saya penasaran sampai saat ini, ikan-ikan tersebut tidak akan mau memakan umpan pancingan baik itu dari bahan pelet, cacing, Mie instan sampai nasi, sama sekali tidak menarik bagi ikan didanau toba terutama ikan Nila dan ikan Mas. Nah,.. Jika agan mau test kesabaran silahkan mencoba memancing didanau toba jika ada yang berhasil.. boleh dibagi-bagi resepnya.. hehehe..

5.  Pulau Samosir

wisata alam Samosir adalah salah satu tempat wisata yang sangat terkenal dengan kearifan budaya lokalnya yang sangat kental dan menjadi salah satu pusat kebudayaan suku Batak yang paling utama. Salah satu obyek wisata sejarah adalah Puncak Gunung Pusuk Buhit. Gunung tersebut memiliki ketinggian berkisar 1.800 mdpl dan menjadi salah satu ikon didaerah samosir dan disakralkan karena menurut kepercayaan masyarakat setempat di puncak gunung Pusuk Buhit inilah suku bangsa batak berasal.

Sopo Guru Tatea Bulan
Sopo Guru Tatea Bulan atau Rumah Guru Tatea Bulan (Keturunan Pertama Raja Batak) yang dibangun tahun 1995 oleh Dewan Pengurus Pusat Punguan Pomparan Guru Tatea Bulan. Bangunan ini terdapat di Bukit Sulatti (di bawah Pusuk Buhit). Rumah yang didirikan berdasarkan arsitektur budaya suku Batak dengan bahan kayu dan tangga dari batu serta beratapkan ijuk ini, berisikan silsilah atau keturunan siRAja Batak dan keluarganya dalam bentuk patung, Menurut kepercayaan masyarakat Suku batak dari keturunan Raja Batak inilah Marga-marga batak berasal.

Menara Pandang Tele
Menara Pandang Tele merupakan merupakan menara yang tingginya terdiri dari tiga tingkat dan masing-masing tingkatnya memiliki jarak pandang yang berbeda. Dari atas menara Kita akan melihat indahnya pemandangan Danau Toba dan sekitarnya dari kejauhan dan sebagian daratan Pulau Samosir terlihat jelas dari menara ini. dari menara ini pun kita dapat melihat Gunung Pusuk Buhit.

Itulah beberapa destinasi wisata disumatera utara yang telah saya kunjungi semoga menjadi referensi agan-agan dalam melakukan travelling ke sumatera utara. jika ada kekurangan dalam penulisan ini saya mohon kritik dan sarannya.. terimakasih salam Indonesiaku... 


No comments:

Post a Comment