Wednesday, August 30, 2017

Ancol Rafting Arung Jeram SEI BAH BOLON , Tebing Tinggi

hi Travellers..

Bertemu lagi dengan ane,.. di perjalanan sebelumnya kebanyakan hanya sekitaran pantai dan danau.. nah kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya untuk menyusuri sungai wisata didaerah Sumatra Utara, Salah satu tempat rafting yang cukup dikenal di Sumatra Utara adalah rafting di Sungai Sei Bah Bolon. Sungai Sei Bah Bolon mengalir melewati Siantar, Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, Sumatra Utara.

Sungai Sei Bah Bolon
Arung jeram atau sering disebut rafting adalah berwisata sekaligus olahraga alam yang cukup digemari. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebut rafting sebagai wisata minat khusus. 

Sei Bah Bolon terletak di Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Lokasi Sei Bah Bolon terletak di Dusun III Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang bedagai. Perjalanan dari Medan ke tempat ini kurang lebih sekitar 3 jam perjalanan.

Saat perjalanan menuju Sei Bah (air, aliran sungai) Bolon, orang-orang pasti tidak akan percaya bahwa di Kecamatan Sipispis ada sungai seindah Green Canyon. Setelah melewati kawasan Dolok Masihul, pemandangan hanyalah perkebunan sawit dan karet. Ada beberapa paket Arung Jeram yang bisa dipilih di tempat ini, yang pertama adalah paket 2 jam dan  paket ini sudah tidak digunakan lagi karena  sepi  peminat dan  waktunya  tidak cukup untuk memuaskan  para wisatawan yang berarung  jeram. paket kedua adalah paket 4 jam yang  menjadi favorit wisatawan yang datang terutama pemula atau disebut Family Rafting seharga Rp. 180.000 . Paket yang terakhir adalah paket 6 jam atau disebut Adventures Rafting seharga Rp. 300.000.

persiapan keberangkatan
Tiba di lokasi, petugas dari Ancol Arung Jeram memandu peserta untuk memakai peralatan yang diperlukan. Pelampung, helm, dan dayung wajib dipakai. Peralatan elektronik seperti handphone, kamera, jam tangan, dan dompet wajib disimpan di tempat penitipan yang terkunci rapi.

briefing oleh pemandu
Namun, disarankan kamera juga dilengkapi dengan waterproof agar tidak rusak ketika perahu terbalik. Bisa juga menggunakan jasa tim dokumentasi yang disediakan oleh pengelola rafting. Tim dokumentasi dapat disewa bila minimum peserta rafting 15 orang dengan tarif Rp300.000 sekali pengarungan.
start mengarungi sungai
Saat perjalanan menuju Sei Bah (air, aliran sungai) Bolon, orang-orang pasti tidak akan percaya bahwa di Kecamatan Sipispis ada sungai seindah Green Canyon. Setelah melewati kawasan Dolok Masihul, pemandangan hanyalah perkebunan sawit dan karet.
green canyon
Semakin hari, penggemar wisata ini semakin banyak. Tidak hanya kalangan anak muda pencinta alam, tetapi juga perusahaan-perusahaan menghabiskan wisata bersama karyawannya dengan berarungjeram bersama.
green canyon

Sungai sepanjang 16 km ini selain terkenal dengan Green Canyon-nya Sumatera Utara, bahkan ada mitos yang berkembang di masyarakat bahwa air terjun yang akan kita lewati saat arung jeram setinggi 10 meter yang di sebut Bah Gula adalah tempat pemandian bidadari. Meski tidak diketahui persis asal-usulnya, masyarakat telah menamai air terjun setinggi lebih dari 10 meter ini dengan sebutan Bah Gula.


air terjun bah gula
Jika tetap ingin mengambil gambar saat rafting, bisa juga menitipkan kepada skipper untuk disimpan di dalam dry pack. Anda tetap bisa rafting dengan tenang dan menunggu hasil foto dari skipper.

Menerjang arus sungai
menerjang lagi
dan lagi

Oke Gan...Demikian perjalanan saya ke Sei Bah (air, aliran sungai) Bolon, jika memang ada saran dan kritik dari penulisan ini saya sangat berterimakasih sekali.. salam indonesiaku..




No comments:

Post a Comment