Wednesday, August 23, 2017

Pesona Candi Prambanan Yogyakarta

hi traveller...

Ketemu lagi kita, Oke langsung aja , kali ini saya akan menceritakan perjalanan saya ke Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang, Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara, Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten,kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.Letaknya sangat unik, Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

Pintu Masuk Candi
perjalanan ke daerah Situs candi ini sangat mudah, dikarenakan banyak transportasi kearah lokasi kompleks Candi, nah kalo saya kebetulan suka yang murah-murah jadi saya ikut cara backpacker aja jadi, Dari luar Stasiun Tugu naik bis TransJogja 1A turun di Candi Prambanan. Jika dari Stasiun Lempuyangan naik KA Sriwedari jurusan Solo turun di Stasiun Maguwo (Bandara).Dari sana naik bis TransJogja 1A arah Prambanan turun di Candi Prambanan.

Candi masih renovasi pasca gempa
bagi wisatawan domestik dewasa, Harta Tiket Masuk Candi Prambanan Rp 30.000 per orang sekali kunjungan, Sedangkan tiket masuk bagi anak-anak Rp 20.000 per anak.Untuk wisatawan mancanegara juga terjadi perubahan yaitu 25 USD per wisatawan.

Latar Komplek Candi

Untuk menikmati keindahan wisata Candi Prambanan pada sore hari, Saya menyarankan anda untuk datang sekitar pukul 16.00 sambil menimati keindahan arsitektur dan relief Candi, Candi Prambanan sendiri merupakan tempat wisata favorite bagi wisatawan manca ataupun dalam negeri. Keindahan dan pesona candi prambanan menjadi daya tarik tersendiri.

Oke Gan...Demikian perjalanan saya ke Situs Candi Prambanan, jika memang ada saran dan kritik dari penulisan ini saya sangat berterimakasih sekali.. salam indonesiaku..

1 comment:

  1. Pengen banget jalan-jalan ke sana kak, berapaan yah Budget yang harus disiapin kak

    ReplyDelete